Kanker Pada Wanita

Kanker Pada WanitaKanker merupakan jenis penyakit yang saat ini banyak ditakuti oleh manusia terutam pada kaum wanita. Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), dapat menyerang jaringan biologis disekitarnya danĀ  bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Kanker Pada Wanita

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis kanker pada wanita.

Jenis Kanker yang sering terjadi pada wanita

Kanker serviks atau kanker leher rahim

Kanker serviks adalah kanker yang paling banyak membunuh wanita terutama di negara berkembang. Pada stadium awal, kanker tersebut tidak menunjukkan gejala sehingga disebut sebagai silent killer, karena baru menunjukkan gejala dan diketahui saat sudah mencapai stadium lanjut yang bahkan sudah terlambat untuk diobati.

Gejala Kanker Serviks stadium lanjut

  • Mengalami rasa nyeri dan mengeluarkan darah saat berhubungan seksual
  • Susah buang air kecil
  • Sering mengalami rasa nyeri pada perut bagian bawah

Kanker rahim

Kanker rahim adalah kanker yang menyerang organ reproduksi wanita dan merupakan penyakit pembunuh wanita dengan urutan ke-6 di Indonesia.

Gejala yang ditimbulkan

  • Mengalami pendarahan pada masa pasca menopause
  • Sering mengalami sakit pada waktu buang air kecil
  • Akan merasakan sakit pada saat berhubungan seksual

Kanker ovarium

Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang organ reproduksi wanita. Penggunaan alat kontrasepsi ditengarai sebagai salah satu faktor yang memicu timbulnya kanker.

Gejala Kanker Ovarium

  • Akan mengalami perut terasa penuh dan sering kembung atau muntah
  • Perut mengalami pembesaran
  • Akan mengalami terjadinya pendarahan
  • Penderita akan mengalami penurunan daya tahan tubuh

Kanker payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang meneyrang jaringan payudara wanita. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Sebenarnya penyakit ini dapat Anda deteksi sendiri dengan metode SADARI atau periksa payudara sendiri karena letak payudara tidak berada di dalam tubuh.

Gejala yang dapat dirasakan

  • Adanya benjolan yang kadang menimbulkan rasa sakit atau tidak
  • Puting mengeluarkan cairan atau darah
  • Ada bagian payudara yang mengelupas atau keras.

Demikain informasi tentang Kanker Pada Wanita, bila orang tua tau kerabat anda mempunyai riwayat kanker, maka tidak ada salahnya untuk waspada karena Anda adalah orang yang beresiko tinggi terserang kanker. Menerapkan pola hidup dan pola makan sehat, mencukupi asupan gizi dan vitamin bagi tubuh agar meningkatkan stamina, serta rajin memeriksakan diri ke dokter adalah usaha yang dapat Anda lakukan untuk memperkecil resiko terserang berbagai jenis kanker pada wanita. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita akan pentingnya kesehatan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *