Penyakit HIV dan Penularannya

HIV merupakan jenis penyakit yang sudah dikenal masyarakat luas, karena keganasan dan tingkat kasus yang saat ini semakin tidak terkendali. Banyak slogan dan pamplet yang mengajak agar masyarakat mewaspadai, HIV dapat ditekan akngka penyebarannya. Namun sebenarnya tahukan Anda penyakit HIV itu ? dan bangaimana cara penyebarannya ? Untuk menjawab pertanyaan berikut, kami akan menyajikan informasi lengkap tentang Penyakit HIV dan Penularannya. Simak informasi secara lengkap ! agar penyakit HIV tidak menyerang Anda. Selamat membaca.

Penyakit HIV dan Penularannya

Penyakit HIV dan PenularannyaHIV kepanjangan dari human immunodeficiency virus adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Tanpa pengobatan, seorang dengan HIV bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi, tergantung tipenya.

Fakta tentang perkembangan penyakit hiv di Indonesia, Di tahun 2014, the Joint United Nation Program on HIV/AIDS (UNAIDS) memberikan rapor merah kepada Indonesia sehubungan penanggulangan HIV/AIDS. Pasien baru meningkat 47 persen sejak 2005. Kematian akibat AIDS di Indonesia masih tinggi, karena hanya 8 persen Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) yang mendapatkan pengobatan obat antiretroviral (ARV). (Sumber: id.wikipedia.org/wiki/HIV)

Cara Penularan Penyakit HIV

HIV terdapat dalam cairan tubuh yaitu, darah, sperma (air mani), cairan vagina dan air susu ibu. HIV hanya ditularkan kalau cairan tubuh seseorang HIV positif masuk ke dalam aliran darah orang lain.

HIV hanya dapat ditularkan melalui:

  1. Seks tanpa pengaman (seks tanpa kondom)
  2. Pemakaian bersama jarum dan peralatan lain untuk menyuntik obat.
  3. Tindik atau tattoo yang tidak steril.
  4. Ibu dan anak selama masa kehamilan, persalinan dan menyusui.
  5. Transfusi darah dan atau produk darah di beberapa negara lain. Di Australia, transfusi  darah dan produk darah termasuk aman.

HIV tidak dapat ditularkan melalui:

  1. Batuk
  2. Bersin
  3. Meludah
  4. Berciuman
  5. Menangis (air mata)
  6. Alat-alat makan dan piring
  7. Seprei dan sarung bantal
  8. Toilet dan kamar mandi
  9. Melalui kontak sosial biasa.
  10. Serangga, seperti nyamuk misalnya.

Nah itulah informasi tentang penyakit hiv dan bagaimana cara penularannya, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan menjadi jalan pencegahan penyakit hiv. Dengan mengetahui informasi yang tepat diharapkan penyakit HIV bisa dicegah sejak dini. Karena pengobatan yang paling manjur adalah mencegah penyakit itu menyerang kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *